D3 FISIOTERAPI, D4 FISIOTERAPI DAN PROFESI FISIOTERAPI

http://poltekkes-solo.ac.id/

Selasa, 03 Oktober 2017

PROGRAM STUDI PROFESI FISIOTERAPI POLTEKKES KEMENKES SURAKARTA

PROGRAM STUDI PROFESI FISIOTERAPI 
JURUSAN FISIOTERAPI
POLTEKKES KEMENKES SURAKARTA



VISI :
Menjadi institusi penyelenggara pendidikan profesi fisioterapi yang unggul dan kompetitif di bidang Fisioterapi Muskuloskeletal dan Neuromuskuler  pada tahun 2035.


MISI : 


Menyelenggarakan kegiatan pembelajaran untuk menghasilkan profesi fisioterapi yang memiliki:

1.  Menyelenggarakan program pendidikan profesi fisioterapi yang unggul dan kompetitif di bidang Muskuloskeletal dan Neuromuskuler, 
2. menyelenggarakan penelitian oleh penggunaan hasil penelitian di bidang fisioterapi khususnya pada penelitian fisioterapi Muskuloskeletal dan Neuromuskuler,
3.  menyelenggarakan pengabdian masyarakat yang berbentuk pelayanan fisioterapi terutama di bidang fisioterapi Muskuloskeletal dan Neuromuskuler,                                         
4. menyelenggarakan tata kelola penyelenggaraan pendidikan profesi fisioterapi yang akuntabel dengan jaminan mutu, 
5. mengembangkan kemitraan dengan berbagai sektor di bidang fisioterapi, mengembangkan kewirausahaan dengan berbagai sektor bidang fisioterapi.

TUJUAN :

Tujuan dari Program Studi Profesi Fisioterapi (PSPF) Politeknik Kesehatan Kemenkes Surakarta yaitu
(1)           menghasilkan lulusan profesi fisioterapi yang unggul dan kompetitif yang mempunyai kemampuan unggulan di bidang Fisioterapi Muskuloskeletal dan Neuromuskuler.
(2)                Menghasilkan karya-karya penelitian yang menggambarkan prinsip-prinsip ilmiah sebagai landasan untuk memecahkan masalah kesehatan di bidang fisioterapi Muskuloskeletal dan Neuromuskuler.
(3)                   Melaksanakan pengabdian pada masyarakat yang mengalami gangguan gerak dan fungsi terutama bidang Fisioterapi Muskuloskeletal dan Neuromuskuler yang dilakukan oleh mahasiswa dan tenaga pendidik.
(4)                   Terwujudnya tata kelola penyelenggaraan pendidikan profesi fisioterapi yang akuntabel dengan penjaminan mutu.
(5)                   Terwujudnya kerjasama baik dilingkup nasional maupun internasional yang mendukung Tri Dharma Perguruan Tinggi.
(6)         Adanya peningkatan kemampuan kewirausahaan dalam mengelola klinik praktik fisioterap


PROFIL LULUSAN :


Profil lulusan pendidikan profesi fisioterapi merujuk pada obyek forma fisioterapi, yaitu masalah gerak dan fungsi dan dalam melakukan profesi fisioterapi terlebih dahulu telah memiliki ilmu pengetahuan dan ketrampilan fisioterapi sebagai landasan praktik. Secara umum profil profesi fisioterapi mengacu pada KKNI level 7 dan dirumuskan sbb:
1.      Penyelenggara layanan fisioterapi  yang professional
2.      Manager Fisioterapi
3.      Pendidik (Educator)
4.      Peneliti Klinik
5.      Konsultan

Adapun deskripsi dari profil lulusan tersebut adalah sebagai berikut :

1.      Penyelenggara layanan fisioterapi  yang professional
                 Fisioterapis  yang berkomitmen untuk melakukan proses Fisioterapi (asesmen, diagnosis, rencana intervensi, pelaksanaan intervensi fisioterapi dan evaluasi) kepada klien sesuai etika profesi, melakukan praktik berdasar bukti (evidence based practice),   dan memiliki kemampuan dalam berfikir kreatif, berperilaku inovatif dan berjiwa wirausaha.
2.      Manager Fisioterapi
                 Memiliki kemampuan mengelola waktu, sumber daya dan prioritas di semua tingkatan untuk pelayanan fisioterapi baik individu atau masyarakat dan memastikan pelayanan fisioterapi berkelanjutan dan professional.


3.      Pendidik (Educator)
Mampu memberikan pendidikan kesehatan dan menjadi panutan bagi klien, keluarga dan masyarakat (termasuk mahasiswa fisioterapi).
4.      Peneliti Klinik
Memiliki kemampuan untuk meneliti fenomena yang terjadi dalam hubungan fisioterapis klien, metode, dan konsep dalam bidang fisioterapi
5.      Konsultan
Memiliki kemampuan menggunakan komunikasi yang efektif untuk mengembangkan hubungan professional  dengan klien, keluarga, penyedia layanan fasilitas pelayanan kesehatan (termasuk fisioterapi level di bawahnya) dan komunitas, dan pengambil kebijakan lainnya dalam meningkatkan derajat kesehatan dan kualitas hidup individu dan masyarakat.




 

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

VISI POLTEKKES

VISI Politeknik Kementerian Kesehatan Surakarta ”Menjadi Institusi Pendidikan Tinggi yang unggul, kompetitif dan bertaraf Internasional pada tahun 2035”

MISI POLTEKKES KEMENKES SURAKARTA

MISI : 1)Menyelenggarakan program pendidikan tinggi kesehatan yang unggul dan kompetitif sebagai centre of excellent;2) Menyelenggarakan penelitian yang mendukung program pendidikan;3)Menyelenggarakan pengabdian masyarakat dengan pemberdayaan masyarakat dalam bidang kesehatan berbasis bukti ilmiah;4)Menyelenggarakan tata kelola penyelenggaraan pendidikan yang akuntabel dengan jaminan mutu;5)Mengembangkan kemitraan dengan berbagai sektor baik nasional maupun internasional; 6) Menyelenggarakan diversifikasi usaha dan kewirausahaan.

FISIOTERAPI POLTEKKES KEMENKES SURAKARTA

Cari