D3 FISIOTERAPI, D4 FISIOTERAPI DAN PROFESI FISIOTERAPI

http://poltekkes-solo.ac.id/

Senin, 02 Oktober 2017

PROGRAM STUDI III FISIOTERAPI

PROGRAM STUDI III FISIOTERAPI 
JURUSAN FISIOTERAPI
POLTEKKES KEMENKES SURAKARTA

Fisioterapi adalah bentuk pelayanan kesehatan yang ditujukan kepada individu dan atau kelompok untuk mengembangkan, memelihara dan memulihkan gerak dan fungsi tubuh sepanjang daur kehidupan dengan menggunakan penanganan secara manual, peralatan (fisik, elektroterapeutis dan mekanis), dan komunkasi. Fisioterapis adalah orang yang telah menyelesaikan pendidikan profesional fisioterapi dan mempunyai wewenang menjalankan praktek profesi sesuai dengan peraturan yang berlaku.
Pendidikan ini menghasilkan tenaga ahli di bidang fisioterapi yang profesional dan berorientasi pada lapangan kerja baik di dalam maupun di Luar Negeri.
Lulusan jurusan fisioterapi dapat bekerja diberbagai rumah sakit umum maupun khusus, Puskesmas, Rumah Bersalin, YPAC, Pusat-pusat Rehabilitasi Fisik dan Mental, Perusahaan/Industri, Klub olah raga serta mempunyai hak dan wewenang melakukan praktek secara mandiri.
Pengelola Program D III Fisioterapi
Ketua Prodi D-III : Pajar Haryatno, SST.FT., Ftr., M.Kes
Fasilitas
Untuk mendukung proses belajar mengajar dan  kegiatan lainnya serta menciptakan lulusan yang siap pakai, selain sarana dan prasarana standar seperti ruang kelas, perkantoran, auditorium dll; Jurusan Fisioterapi Program Studi DIII Fisioterapi menyediakan fasilitas-fasilitas Laboratorium sbb:
  • Laboratorium Elektroterapi
  • Laboratorium Terapi Latihan (Exercices Therapy)
  • Laboratorium Kardiovaskuler dan Respirasi
  • Laboratorium Massage dan Manipulative Therapy
  • Laboratorium Pediatri
  • Laboratorium Komunitas
Visi

Menjadi  Institusi Penyelenggara Pendidikan Ahli Madya Kesehatan yang unggul dan kompetitif dibidang Fisioterapi Pediatri dan Muskuloskeletal pada tahun 2035
Misi
1.   Menyelenggarakan pendidikan ahli madya kesehatan fisioterapi berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dan Standart Nasional Perguruan Tinggi (SNPT) yang unggul dan kompetitif di bidang Fisioterapi Pediatri dan Muskuloskeletal
2.   Menyelenggarakan Penelitian Oleh tenaga pendidik dan penggunaan hasil penelitian di bidang fisioterapi oleh tenaga pendidik dan mahasiswa khususnya pada penelitian Fisioterapi Pediatri dan Muskuloskeletal
3.   Menyelenggarakan Pengabdian Masyarakat yang berbentuk pelayanan fisioterapi pada masyarakat terutama dibidang Fisioterapi Pediatri dan Muskuloskeletal
4.   Menyelenggarakan tata kelola penyelenggaraan pendidikan Diploma III Fisioterapi yang akuntabel dengan jaminan mutu
5.   Mengembangkan kemitraan dengan berbagai instansi nasional maupun internasional untuk menunjang pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi
6.   Mengembangkan kewirausahaan dengan berbagai sektor dibidang fisioterapi

Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan yang terampil dan kompeten, mampu bersaing di pasar kerja, yang mempunyai kemampuan unggulan dibidang Fisioterapi Pediatri dan Fisioterapi Muskuloskeletal.
  2. Menghasilkan karya-karya penelitian yang menggambarkan prinsip-prinsip ilmiah, sebagai landasan untuk memecahkan masalah kesehatan dibidang fisioterapi, sekurang-kurangnya 2 (dua) penelitian / tenaga pendidik / tahun. Terciptanya budaya penggunaan bukti penelitian dalam praktik fisioterapi oleh mahasiswa dan tenaga pendidik.
  3. Menerapkan dan mendiseminasikan hasil-hasil pendidikan dan pengajaran serta penelitian dibidang fisioterapi kepada masyarakat oleh mahasiswa dan tenaga pendidik sekurang-kurangnya 2 (dua) penelitian/tahun
  4. Meningkatkan tata kelola penyelenggaraan pendidikan Diploma III Fisioterapi yang akuntabel dengan jaminan mutu.
  5. Menghasilkan naskah Memorandum of Understanding (MoU) dengan berbagai instansi untuk menunjang pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi.
  6. Menghasilkan produk barang dan jasa melalui kegiatan kewirausahaan dengan berbagai sektor dibidang fisioterapi.
Profil Lululusan :

Lulusan program pendidikan Diploma III Fisioterapi diharapkan dapat melaksanakan pelayanan fisioterapi dan mengembangkan diri dalam upaya melaksanakan pelayanan kesehatan secara nasional, profesional dan etis.
Pendidikan diploma III Fisioterapi menghasilkan lulusan ahli madya fisioterap yang memiliki profil sebagai berikut :

1.    Pelaksana layanan teknis fisioterapi


2.    Pengelola alur pelayanan fisioterapi

3.    Pendidik klinik terbatas

4.    Pembantu peneliti klinik



Adapun deskripsi dari profil tersebut sebagai berikut :

1.    Pelaksana layanan teknis fisioterapi


        Fisioterapis yang mampu melakukan tindakan teknis fisioterapi (asesmen, diagnosis , rencana intervensi , pelaksanaan intervensi fisioterapi dan evaluasi) pada lingkup tertentu (sederhana) pada gangguan / problem gerak dan fungsi sepanjang rentang kehidupan manusia



2.    Pengelola alur pelayanan fisioterapi

      Fisioterapis yang mampu membuat perencanaan dan  pengelolaan alur pelayanan fisioterapi dan berkoordinasi secara hirarki vertikal .



3.    Pendidik klinik terbatas

      Fisioterapis yang mampu berkomunikasi dan memberikan edukasi pada pasien, keluarga dan masyarakat pada kasus tertentu (sederhana) dan berkoordinasi secara hirarki vertical.



4.    Pembantu peneliti klinik
      
                 Fisioterapis yang mampu melakukan pengambilan data dan mengadopsi hasil penelitian   
                 untuk diterapkan dalam pelayanan fisioterapi berbasis bukti       

       
Share:

1 komentar:

  1. pendaftaran mahasiswa baru untuk progdi FISIOTERAPI KAPAN YA....

    BalasHapus

VISI POLTEKKES

VISI Politeknik Kementerian Kesehatan Surakarta ”Menjadi Institusi Pendidikan Tinggi yang unggul, kompetitif dan bertaraf Internasional pada tahun 2035”

MISI POLTEKKES KEMENKES SURAKARTA

MISI : 1)Menyelenggarakan program pendidikan tinggi kesehatan yang unggul dan kompetitif sebagai centre of excellent;2) Menyelenggarakan penelitian yang mendukung program pendidikan;3)Menyelenggarakan pengabdian masyarakat dengan pemberdayaan masyarakat dalam bidang kesehatan berbasis bukti ilmiah;4)Menyelenggarakan tata kelola penyelenggaraan pendidikan yang akuntabel dengan jaminan mutu;5)Mengembangkan kemitraan dengan berbagai sektor baik nasional maupun internasional; 6) Menyelenggarakan diversifikasi usaha dan kewirausahaan.

FISIOTERAPI POLTEKKES KEMENKES SURAKARTA

Cari