D3 FISIOTERAPI, D4 FISIOTERAPI DAN PROFESI FISIOTERAPI

http://poltekkes-solo.ac.id/

Senin, 19 Februari 2018

Etika Mengirim Pesan kepada Dosen, PA, Pembimbing Prakrik dan lainnya

Banyak dari website yang menulis tentang etika mengirim pesan pada dosen atau ke pembimbing, walaupun ada juga yang komentar diwebsite, baik yang Pro dan Kontra. Informasi cara / etika SMS yang baik diberikan ke Mahasiswa agar cara SMS tersebut dapat dipelajari dan diaplikasikan sehingga menciptakan komunikasi yang baik antara Dosen, PA, Pembimbing dengan Mahasiswa.


cara SMS ke dosen atau pembimbing  yang di unggah dibeberapa refrensi, setidaknya ada 7 cara :
  1. Perhatikan waktu pengiriman pesan 
  2. Gunakan bahasa indonesia dengan baik dan benar
  3. Dimulai dengan sapaan /salam
  4. Tuliskan identitas mahasiswa
  5. Tuliskan keperluan dengan singkat dan jelas
  6. Ucapkan maaf untuk menunjukkan kerendahan hati 
  7. Akhiri dengan ucapan terima kasih




Contoh cara SMS atau telpon yang sudah diterapkan diperguruan Tinggi lainnya :




Sumber :
https://i2.wp.com/setia1heri.com/wp-content/uploads/2015/08/etika-komunikasi-mahasiswa-dosen-di-UIN-Syarif-Hidayatullah-Jakarta.jpg



Sumber :
https://anakuntad.com/2017/03/takut-menghubungi-dosen-lewat-sms-begini-tata-caranya/


Contoh dari UI Ada 7 poin etika menghubungi dosen yang dibuat:

1. Perhatikan kapan waktu yang tepat untuk menghubungi dosen. Pilihlah waktu yang biasanya tidak dipakai untuk beristirahat atau beribadah. Contoh: hindari menghubungi dosen di atas pukul 20.00 atau di saat waktu ibadah.

2. Awali dengan sapaan atau mengucapkan salam. Contoh: Selamat pagi Bapak/Ibu, atau Assalamualaikum (apabila kedua belah pihak sesama muslim).

3. Ucapkan kata maaf untuk menunjukkan sopan santun dari kerendahan hati Anda. Contoh: "Mohon maaf mengganggu waktu Ibu/Bapak".

4. Setiap dosen pasti menghadapi ratusan mahasiswa setiap harinya dan tidak menyimpan nomor kontak seluruh mahasiswa. Maka, pastikan Anda menyampaikan identitas Anda di setiap awal komunikasi/percakapan. Contoh: "Nama saya Putri, mahasiswa Administrasi Negara Angkatan 2016, semester ini mengambil mata kuliah Hukum dan Administrasi Negara di kelas Ibu/Bapak".

5. Gunakan bahasa yang umum dimengerti, tanda baca yang baik dan dalam konteks formal. Hindari menyingkat kata seperti 'dmn, yg, ak, kpn, otw, sy'. Hindari kata ganti non formal seperti 'aku, ok, iye, dll'.

6. Tulislah pesan dengan singkat dan jelas. Contoh: "Saya, memerlukan tanda tangan Bapak/Ibu di lembar pengesahan saya. Kapan kiranya saya dapat menemui Bapak/Ibu?"

7. Akhiri pesan dengan mengucapkan terima kasih atau salam sebagai penutup.



Sumber :
https://news.detik.com/berita/d-3673415/alasan-ui-bikin-etika-kontak-dosen-via-wa-supaya-mahasiswa-sopan 

Semoga bermanfaat.

Alamat Jurusan Fisioterapi
Kampus 2 Poltekkes Kemenkes Surakarta
Jalan Kapt. Adi Sumarmo, Tohudan, Colomadu, Karanganyar Jawa Tengah · (0271) 725370, Indonesia
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

VISI POLTEKKES

VISI Politeknik Kementerian Kesehatan Surakarta ”Menjadi Institusi Pendidikan Tinggi yang unggul, kompetitif dan bertaraf Internasional pada tahun 2035”

MISI POLTEKKES KEMENKES SURAKARTA

MISI : 1)Menyelenggarakan program pendidikan tinggi kesehatan yang unggul dan kompetitif sebagai centre of excellent;2) Menyelenggarakan penelitian yang mendukung program pendidikan;3)Menyelenggarakan pengabdian masyarakat dengan pemberdayaan masyarakat dalam bidang kesehatan berbasis bukti ilmiah;4)Menyelenggarakan tata kelola penyelenggaraan pendidikan yang akuntabel dengan jaminan mutu;5)Mengembangkan kemitraan dengan berbagai sektor baik nasional maupun internasional; 6) Menyelenggarakan diversifikasi usaha dan kewirausahaan.

FISIOTERAPI POLTEKKES KEMENKES SURAKARTA

Cari